Realita Pendidikan Jaman Modern

by 07.04 0 komentar
Saat ini dunia pendidikan juga sangat peka terhadap perubahan baik dari segi kurikulum maupun tata cara belajar mengajar. Sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Setiap tahun perkembangan pendidikan semakin terlihat jelas dengan melahirkan alumni alumni yang memiliki sikap dan karakter berbeda pula dengan alumni sebelumnya.
Mengapa demikian..??
Pertanyaan ini seolah simpel dan tak berbobot namun sadarkah kawan kawan akan pentingnya pendidikan pada kehidupan kita sehari hari..??
Jika "YA" maka kawan kawan pasti sepaham dengan saya..

Perbedaan pendidikan sekarang dengan pendidikan jaman dulu pada dasarnya terletak pada tata cara dan system MODERN yang sifatnya memaksa para anak didik untuk belajar secara simpel,praktis dan tanpa memperhatikan perkembangan karakter setiap anak didik. Inilah yang menyebabkan tingkat mutu penyerapan Ilmu menjadi kurang. Diera sebelumnya sistem KLASIK di dunia pendidikan kita bisa lihat dengan selalu mengutamakan dan memperhatikan Mutu, Kualitas dan Kuantitas anak didik dalam menerima Ilmu yang diberikan dengan seelalu mngedepankan doktrin doktrin berbobot untuk membangun karakter anak didik itu sendiri agar mereka bisa menjadi orang yang selalu bertanggung jawab dan berani mengambil keputusan tanpa mempedulikan hasutan orang lain. Bedanya dengan saat ini para anak didik selalu diberikan sesuatu yang mudah dan bersifat simpel, praktis serta sangat sedikit tingkat kesulitan yang harus mereka lalui, sehingga dampak kedepannya nanti mereka akan selalu mengandalkan sesuatu yang sifatnya sama dengan apa yang pernah diperoleh selama di dunia pendidikan. Disinilah letak dari ketidakseimbangan antara Ilmu terapan yang diperoleh dengan apa yang nantinya akan di hadapi setelah mereka menyandang gelar ALUMNI.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat sedikit contoh sederhana :
No
Faktor Pembanding
Pendidikan Modern
Pendidikan Klasik
1
Pendidikan Moral
Penanaman Humanisme dengan cara Anti Kekerasan
Penanaman Humanisme dengan menggunakan Kekerasan dalam taraf wajar.
2
Fungsi Guru
Sebagai Motivator dan Fasilitator.
Pusat segala aktivitas pendidikan baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
3
Penerapan Etika
Tergantung pada masing-masing individu peserta didik.
Wajib diterapkan di dalam maupun luar lingkungan sekolah.
4
Punishment and Reward.
berupa himbauan dan apresiasi sesuai dengan kompetensi peserta didik.
Berupa himbauan dan apresiasi sesuai dengan kompetensi peserta didik.

Nah dengan melihat tabel pembanding diatas, menurut kawan kawan manakah sistem pendidikan yang lebih berorientasi Pembentukkan karakter untuk bekal Kemandirian..??
Apakah Sitem Modern atau Sistem Klasik..??

Nirwan R. Mosi

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html